Enonabuasa

Desa Enonabuasa adalah salah satu desa di Kabupaten Kupang yang menjadi desa mitra dengan Yayasan TLM sejak Tahun 2015 untuk sama-sama membangun masyarakat desa. Masalah yang ada di desa Enonabuasa adalah kekurangan air bersih, angka putus sekolah yang cukup tinggi dan kurangnya peluang ekonomi masyarakat secara umum

Tentang

Desa Enonabuasa terletak di kecamatan Noebeba-Kabupaten Timor Tengah Selatan, berdiri sejak Tahun 2014 dengan luas wilayah 8.700 km2. Desa ini berbatasan langsung dengan Desa Oepliki disebelah selatan, Desa Pusu disebelah utara, Desa Oebaki disebelah Timur dan dibelah barat berbatasan dengan Desa Teas dan Oeekam.

Jumlah penduduk desa ini sebanyak 1.050 jiwa (Laki-laki:548 jiwa & Perempuan: 502 jiwa) terdiri dari 251 Kepala Keluarga. Kepala desa Enonabuasa Sekarang adalah Bapak Ayub Tse, merupakan kepala desa Pertama sejak Desa Enonabuasa berdiri.

Nama desa Enonabuasa sendiri berasal dari bahasa Timor Amanuban“Eno” artinya “Pintu/Gerbang” dan “Nabuasa” Merupakan nama besar tetua adat (Raja Kampung” di wilayah tersebut sehingga Enonabuasa berarti “Desa yang terletak di Gerbang kampung milik raja Nabuasa”. 96% masyarakat desa ini adalah petani lahan kering untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam setahun mereka menanam jagung, kacang-kacangan, labu dan ketela pohon pada musim hujan. Sejak bekerja sama dengan TLM dalam program kebun produktif membudidayakan tanaman Hortikultura dan pepaya Kalifornia secara organik, Desa Enonabuasa mulai terkenal dengan buah Pepaya Kalifornianya yang manis di Kabupaten TTS.

Sekilas Desa Enonabuasa

Proyek Pengadaan Air Kebun

Proyek pengadaan air untuk kebun produktif di Desa Enonabuasa memanfaatkan sumber air bendungan yang terletak di lebih rendah dengan jarak sekitar 20 meter dari lokasi kebun. Untuk mengalirkan air dari bendungan ke kebun, TLM bersama masyarakat mesin pompa Generator Zet (genzet) sehingga memudahkan dan menghemat tenaga dalam mengairi tanaman hortikultura di Kebun produktif.

Proyek infrastuktur air tersebut meliputi :

  1. Motor Air (Pompa Genzet)
  2. Pipa HDPE dan Selang plastik
  3. Tandon Fiber
  4. Bak-bak penampungan.

Semua proses instalasi proyek ini melibatkan masyarakat setempat (anggota kebun produktif sebanyak 10 orang). Proyek infrastruktur air ini dapat memenuhi kebutuhan air kebun produktif seluas 0,3ha (30 are).

Kebun Produktif

Yayasan TLM melalui fasilitator desa mengajak masyarakat Enonabuasa mengolah lahan tidur seluas 30 acre menjadi kebun produktif sebagai sumber penghasilan tambahan.

Kebun produktif di Desa Enonabuasa beranggotakan 7 Kepala Keluarga (10 orang). Kebun ini mulai diolah sejak Tahun 2014 dengan ditanami bawang merah, bawang putih, kacang buncis, sawi, kangkung, Picai, Kumbang dan cabai, tomat, Jagung manis dan Pepaya California. Semua jenis tanaman ini di tanam secara organic sehingga sehat untuk dikonsumsi dan mudah untuk dipasarkan.

Pelatihan aparat dan masyarakat tentang membangun desa sesuai dengan UU Desa No 6 Tahun 2014.

Tahun 2014 kebijakan pemerintah untuk membangun bangsa dari desa dan diwujudkan dengan terbitnya UU desa No. 6 tahun 2014.

Desa diberi otonomi untuk mengelola pembangunan desa mulai dari perencanaan sampai dengan pembangunan dan setiap tahun pemerintah mengalokasikan dana desa dari APBN dan alokasi dana desa dari APBD. Pengelolaan dana tersebut diserahkan pada aparat dan masyarakat desa. Yayasan TLM mengambil bagian untuk meningkatkan kapasitas aparat dan masyarakat untuk melaksanakan pembangunan di desa. Program tersebut berupa pelatihan aparat dan masyarakat tentang implementasi UU Desa No 6 Tahun 2014.

Proyek-proyek

Proyek Pengadaan Air Kebun Produktif

Proyek pengadaan air untuk kebun produktif di Desa Enonabuasa memanfaatkan sumber air bendungan yang terletak di lebih rendah dengan jarak sekitar 20 meter dari lokasi kebun. Untuk mengalirkan air dari bendungan ke kebun, TLM bersama masyarakat mesin pompa Generator Zet  (genzet) sehingga memudahkan dan menghemat tenaga dalam mengairi tanaman hortikultura di Kebun produktif. Proyek infrastuktur air tersebut meliputi: 1.Motor Air (Pompa Genzet) 2.Pipa HDPE dan Selang plastik 3.Tandon...

Read More

Kebun Produktif di Enonabuasa

Yayasan TLM melalui fasilitator desa mengajak masyarakat Enonabuasa mengolah lahan tidur seluas 30 acre menjadi kebun produktif sebagai sumber penghasilan tambahan. Kebun produktif di Desa Enonabuasa beranggotakan 7  Kepala Keluarga (10 orang). Kebun ini mulai diolah sejak Tahun 2014 dengan ditanami bawang merah, bawang putih, kacang buncis, sawi, kangkung, Picai, Kumbang dan cabai, tomat, Jagung manis dan Pepaya California. Semua jenis tanaman ini di tanam secara organic sehingga sehat u...

Read More

Proyek Pengadaan Air Kebun Produktif

Proyek pengadaan air untuk kebun produktif di Desa Enonabuasa memanfaatkan sumber air bendungan yang terletak di lebih rendah dengan jarak sekitar 20 meter dari lokasi kebun. Untuk mengalirkan air dari bendungan ke kebun, TLM bersama masyarakat mesin pompa Generator Zet  (genzet) sehingga memudahkan dan menghemat tenaga dalam mengairi tanaman hortikultura di Kebun produktif. Proyek infrastruktur air tersebut meliputi: 1.Motor Air (Pompa Genzet) 2.Pipa HDPE dan Selang plastik 3.Tando...

Read More

Dashboard

penduduk

keluarga-keluarga

pekerja adalah petani

Occupations

Loading...

Age Groups By Gender

Loading...

Gendered Education (Bar)

Loading...

Household Water Source

Loading...

Types of Toilets

Loading...

Types of Floors

Loading...