• +62 (0380) 843115
  • info@tlmfoundation.or.id

Diskusi dan Pelatihan Aparat Desa tentang Undang-Undang Desa

Sebagai tindak lanjut dari diskusi tentang UU Desa yang diadakan di Aula Kantor Yayasan Tanaoba Lais Manekat pada tanggal 9 dan 10 February 2017, maka diadakan diskusi dan pelatihan di desa-desa yang menjadi binaan dari Yayasan Tanaoba Lais Manekat. Dimulai di Desa Tupan, TTS pada tanggal 7 Maret 2017 dan Desa Enonabuasa, TTS pada tanggal 8 Maret 2017. Diskusi dan pelatihan ini dipimpin oleh Bapak Rozali danb Bapak Ferdi Frans.

Sekilas tentang LSM FORMASI atau Forum Masyarakat Sipil adalah Wadah kekuatan berbagai elemen masyarakat sipil yang mempunyai visi mewujudkan kedaulatan desa dan hak masyarakat yang terpinggirkan di Kabupaten Kebumen. FORMASI yang dideklarasikan tanggal 5 Juli 2003 tetapi proses diskusi dan assessment untuk membangun kesepahaman dimulai sejak tahun 1999, sehingga kelahirannya sudah dianggap tidak prematuer lagi dan siap melakukan pengawalan dan gerakan advokasi. Untuk lebih lengkap tentang FORMASI dapat dilihat pada link ini

Hari pertama dimulai dengan penyampaian tentang hal-hal penting dalam implementasi Undang-Undang Desa setelah itu dilanjutkan dengan diskusi tentang persoalan-persoalan yang timbul dalam penerapannya. Banyak pertanyaan yang diajukan oleh kepala desa menyangkut Undang-Undang Desa, semua pertanyaan dijawab dengan baik oleh bapak Yusuf dan diterangkan dengan detail termasuk peraturan-peraturan pemerintah dan bagaimana solusi yang diperlukan untuk persoalan yang timbul di desa. Juga diajarkan tentang bagaimana cara menyusun rencana kerja berdasarkan asal-usul daerah dan dan simulasi penyusunan rencana kerja masing-masing desa didampingi oleh fasilitator.