• +62 (0380) 843115
  • tlmfoundation@ytlm.org

Kolobolon Village

Salah satu fokus utama program “community development” YTLM adalah kegiatan berkebun produktif yaitu dengan memanfaatkan lahan tidur yang tersedia di desa binaan yang dapat diolah dengan produk hortikultura atau mamar tanaman secara produktif dan organik. Tersedianya lahan didukung oleh sumber air serta kemauan dari beberapa orang anggota masyarakat untuk bersedia melakukan, menjadi faktor utama kegiatan ini dapat terlaksana.

Kelompok Kebun Produktif “Modopedak” yang didampingi oleh YTLM berasal dari Dusun 1 Tuabuna, Desa Kolobolon, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao. Kegiatan ini dijalankan sejak tahun Juni 2015 di desa Kolobolon melalui tenaga fasilitator yang tinggal di desa yang memberikan pendampingan terpadu melalui pelatihan jasmani dan nilai-nilai (moral value) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anggota masyarakat yang ingin dirubahkan hidupnya untuk mencapai kesejahteraan.

Adanya lahan tidur seluas ±50 Are Ha milik salah seorang anggota masyarakat yang bersedia meminjamkan tanahnya untuk dijadikan kebun produktif percontohan di desa mereka, serta tersedianya pengairan yang bersumber dari mata air kali yang letaknya tidak jauh dari lokasi lahan sekitar ± 500 meter sehingga membutuhkan infrastruktur pendukung, yaitu dengan cara menginstalasi pipa dari sumber air menuju lokasi kebun dengan gravitasi - untuk memastikan tamanam dapat diairi.

Konsep kebun produktif ini adalah memanfaatkan lahan-lahan tidur yang tersedia di desa untuk dikelola dengan cara produktif yaitu produk tanaman yang dapat menghasilkan pendapatan dan usaha bisnis petani dengan memaksimalkan sumber daya alam yang ada dikelola maksimal dengan menanam tanaman dengan sistim lorong yaitu jenis tanaman usia tahunan seperti pisang, buah naga, pepaya yang dapat menghasilkan pendapatan harian/mingguan/bulanan dan menanam tanaman hortikultura seperti bawang, jagung, padi, kol, nenas, sayuran sawi, cabe, terong, buncis, labu, paria, wortel, ketimun, melon, kacang tanah, kacang panjang, semangka yang dapat menghasilkan pendapatan per3bulanan. Semua jenis tanaman akan disesuaikan dengan rotasi tanaman dan menggunakan pupuk organik.

Kebun produktif organik ini akan menjadi salah satu kebun percontohan yang sukses dilakukan oleh kelompok yang nantinya akan menjadi sarana pembelajaran bagi anggota masyarakat lainnya. Kesuksesan kebun percontohan ini diharapkan dapat menarik minat para petani lainnya untuk melakukan hal yang sama sehingga dapat mendatangkan peningkatan pendapatan ekonomi keluarga. Di samping itu, lahan-lahan tidur yang tersedia yang selama ini tidak dimanfaatkan dengan baik dapat dikelola menjadi produktif dan memiliki peluang usaha perekonomian yang baru di desa tersebut.

Table(s)

Kolbolon Kiubaat Enonabuasa Sumba
Value 1 Value 2 Value 3 Value 4
Value 5 Value 6 Value 7 Value 8
Value 9 Value 10 Value 11 Value 12
Value 13 Value 14 Value 15 Value 16