• +62 (0380) 843115
  • tlmfoundation@ytlm.org

Nekmese Village

Pada bulan Juli Tim Transformasi YTLM berhasil mengadakan Diskusi Desa dan Sosialisasi Undang Undang Desa serta study tour bersama dengan warga dan aparat di desa Nekmese, sebagai desa ke-2 program community development terintegrasi dengan kegiatan pendampingan dana desa. Kehadiran peserta dalam kegiatan  Diskusi Desa dan Sosialisasi Undang Undang Desa (masyarakat  & Aparat Desa) sekitar 70-an orang, cukup menggembirakan hati. Keterlibatan kaum perempuan sekitar 20-an orang sisanya kaum laki-laki. Sedangkan kehadiran Aparat Desa, tokoh adat, tokoh agama sekitar 90%. Diskusi desa dipandu oleh Ibu Tuti dengan membawakan 2 materi yaitu Bantuan VS Pengembangan dan Sumber Daya Lokal. Masyarakat cukup terlibat dalam sesi pelatihan dengan melibatkan peserta dalam drama singkat (bermain peran dalam materi Bantuan VS Pengembangan) dan pada materi yang kedua yaitu mengidentifikasi masalah dan solusi berdasarkan potensi yang ada di desa. Semua peserta berpartisipasi untuk memilih 3 prioritas masalah dari 7 masalah besar yang dihadapi warga Nekmese. 3 skala prorioritas yang pertama adalah air minum - pemilihan prioritas ini  khususnya datang dari peserta dari dusun 2,3 dan 4 dimana kebutuhan air bersih sangat langka di 3 dusun tersebut. Skala prioritas yang ke 2 adalah prasarana, khususnya jalan di desa dan menuju ke desa & penambahan ruang belajar bagi sekolah SMP dan SMA. Skala prioritas yang ke 3 adalah bidang ekonomi. Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan sosialisasi Undang Undang Desa oleh Pak Ferdy dengan menjelaskan secara umum UU no 6 tentang Desa. Penerimaan masyarakat dan aparat desa sangat baik terhadap YTLM dan mereka berkomitmen untuk bersedia di latih dan didampingi oleh YTLM khususnya di bidang kebun produktif dan pendampingan & pelatihan Undang Undang Desa.

Setelah kegiatan diskusi desa, warga desa Nekmese mengadakan kunjungan ke desa Kiubaat untuk melihat langsung Kebun Produktif kelompok yang sudah berjalan satu tahun. Warga serta aparat desa Nekmese khususnya peserta calon anggota kelompok dari dusun 1 desa Nekmese, dimana potensi lahan dan air berada di dusun tersebut merasa sangat senang dapat bertukar pengalaman dan ilmu mengenai cara berkebun produktif dari kelompok desa Kiubaat.

Perkembangan terkini kegiatan di desa Nekmese setelah Diskusi Desa dan Study Tour dilaksanakan bulan Juli lalu, Fasilitator YTLM telah memfasilitasi rangkaian pertemuan dengan calon anggota kelompok khususnya di dusun 1 (lokasi mata air dan lahan berada) dengan kepala desa. Hasil pertemuan antara TLM dan warga/kades Nekmese menyebutkan bahwa dana untuk kebun produktif akan ditanggung secara bersama-sama antara desa (dengan menggunakan dana desa) dan TLM. Walaupun dokumen kebun produktif masih dalam tahap penggodokan namun calon kelompok telah melakukan pembersihan lahan dengan cara menebang pohon dan rumput liar dalam lokasi kebun.